Wordpress

Apa, Kenapa, dan Bagaimana Membuat WordPress Security Keys

Tutorial Blogging – Jika kalian menggunakan WordPress dan membaca sedikit tentang keamanan situs wordpress kalian, maka kalian pastinya pernah membaca atau melihat tentang Security key WordPress (Kunci Rahasia). Di artikel kali ini, Vrefe akan menjelaskan tentang apa itu, kenapa, dan bagaimana cara membuat security key bagi kalian para pengguna wordpress.

Apa itu Security Keys WordPress

WordPress Security Keys atau kunci keamanan rahasia wordpress merupakan variabel acak yang meningkatkan enkripsi dari informasi yang tersimpan pada cookie user. Ada beberapa jenis security keys yaitu : Auth_Key, Secure_Auth_Key, Logged_In_Key, dan Nonce_Key.

Apa kegunaan Security Key WordPress

Keberadaan kunci keamanan tersebut, bukan tidak tanpa kegunaan. Dengan security key pada situs wordpress kalian, maka akan meningkatkan keamanan serta membuat password kalian lebih aman. Password yang tidak terenkripsi akan membuat akses kalian lebih mudah untuk diambil oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Tetapi, password acak, tidak terprediksi dan terenkripsi akan membuat akses kalian lebih aman. Jadi, kalian harus membuat wordpress security keys pada blog atau situs wordpress kalian.

Cara Menggunakan WordPress Security Keys di Situs

Self-Hosted blog wordpress tidak memiliki security keys yang ditetapkan, jadi kalian harus menambahkannya sendiri. Cara nya cukup mudah dan simpel, asalkan kalian tahu cara menggunakan FTP.

Pertama, kalian harus mendapatkan secret key unik kalian terlebih dahulu. WordPress memiliki generator acak yang bisa kalian gunakan untuk mendapatkan security keys. Hal ini lebih di rekomendasikan daripada membuat security key kalian sendiri.

Kedua, kalian hanya perlu memodifikasi file wp-config.php (file konfig hosting wordpress). File ini bisa kalian temukan di root folder wordpress kalian, (Letaknya sama dengan tempat folder wp-content dan folder lain tersimpan). Di file wp-config.php barus ke 45, kalian akan menemukan baris seperti dibawah ini :

45 define (‘AUTH_KEY’,’put your unique phrase here’);
46 define (‘SECURE_AUTH_KEY’,’put your unique phrase here’);
47 define (‘LOGGED_IN_KEY’,’put your unique phrase here’);
48 define (‘NONCE_KEY’,’put your unique phrase here’);

Kalian hanya perlu menambahkan security keys yang sudah kalian dapatkan di tempatnya “put your unique phrase here” dengan cara mempaste unique key kalian.

Ketika sudah selesai mengisi setiap baris, kalian hanya perlu menyimpan file wp-config.php kalian. Jika klaian sedang login di panel admin wordpress, kalian akan diminta untuk login kembali.

Sekian artikel tentang Apa, Kenapa, dan Bagaimana Membuat WordPress Security Keys. Semoga artikel ini bermanfaat untuk meningkatkan keamanan situs wordpress kalian.

Tags: Wordpress

Recent Posts

Cara Mengganti Format Tanggal di Postingan WordPress

Kode Referral - Apakah kalian pernah merasakan ingin mengganti format tanggal dan waktu di wordpress?… Read More

www dan Tanpa www, Mana yang lebih baik untuk SEO?

Tutorial Blogging - Apakah kalian bertanya-tanya, ketika membuat situs wordpress kalian akan dihadapkan dengan pilihan… Read More

Cara Membuat Sticky Post di WordPress

Tutorial Blogging - Cara Membuat Sticky Post di Wordpress. Apakah kalian memiliki postingan yang penting?… Read More

Cara Menghilangkan Mode Visual Editor di WordPress

Tutorial Blogging - Kalian menggunakan Mode Visual Editor Wordpress? Apakah kalian ingin menghilangkan mode edit… Read More

Cara Menghilangkan Angka di URL WordPress

Tutorial Blogging - Cara Menghilangkan Angka di URL Wordpress. Secara default, Wordpress menggunakan ID post… Read More

Apa itu CDN dan Apakah Kalian Perlu CDN di Blog WordPress?

Tutorial Blogging - Pernah nggak sih kalian bertanya-tanya apa itu CDN? atau apa itu Content… Read More